20100425

Cara membuat blog menjadi berkualitas

     Pada kesempatan ini artikel ditulis dengan harapan untuk dapat dibaca oleh calon blogger,agar blog yang akan dibuat menjadi blog yang berkualitas. Pertanyaannya cukup sederhana yaitu apa yang harus dilakukan agar blog dengan segala kekurangannya menjadi blog yang berkualitas.
     Calon blogger tentu pengetahuan dasarbloggingnya masih banyak kekurangan seperti saya, namun dengan segala kekurangannya agar dapat tampil dengan maksimal dan dapat kompetitif dengan blog-blog yang lain dari segi ranking maupun pada letak halaman pertama di penelusuran search engine blog.
Jadi sebelum blog itu dibuat , calon blogger harus melakukan, antara lain:
  1.  Membaca aturan privasi dan ketentuan cara membuat conten dari website penyedia pembuatan blog gratis. Hal ini diperlukan untuk keamanan dan keselamatan blog itu dari kemungkinan terkena sanksi dari pemilik penyedia blog gratis. Sanksi ini bisa ditupnya blog yang telah jadi (sayang bukan?) palagi jika blog yang dibuatnya telah mempunyai ranking dan trafiq yang baik.
  2. Mengunjungi dan melihat-lihat direktori dan subdirektori dari google dan dmoz.org. Hal ini dimaksudkan agar blog yang akan dibuat sesuai dengan kalsifikasi search engine dari kedua blog itu,sehingga nantinya search engine itu dapat dengan mudah menemukan blog yang telah jadi itu.
  3. Pembuatan judul blog, Pembuatan judul blog sangat penting bagi sebuah blog, karena ini berkaitan dengan nilai kompetitif suatu blog pada umumnya, misalkan blog itu mau ditempatkan pada yang ramai pengunjung atau sebaliknya. sebagai contoh lihat saja pada label disebelah kanan.( judul blog ini juga sering disebut dengan header blog ).
  4. Pembuatan debcripsi judul blog.Setelah calon blogger membaca direktori dan subdirektori tentu sudah ada pemikiran hendak kemanakah blog itu diarahkan nantinya, apakah blog itu untuk musik,movie, sosial, politik,internet,pengetahuan dan lain sebagainya.
  5. Pembuatan Artikel blog. Membuat artikel atau postingan blog, idealnya sesuai dengan judul dan debcripsi blog dan sesuai dengan keinginan anda dan menarik pembaca, tetapi kadang artikel  dari blog hanya untuk blogger yang sedang belajar menulis, sehingga tidak merasa perlu apakah mau dibaca orang atau tidak dibaca, yang penting menulis artikel.
  6. Mendaftarkan blog pada search engine. Ini juga sangat penting untuk dilakukan calon blogger,oleh karena dengan terdaftarnya blog pada search engine(SE), berarti memudahkan SE itu untuk menemukan blog tersebut. 
  7. Pembuatan link internal maupun eksternal. Hal ini juga sangat menentukan kualitas dari postingan blog, karena jika sudah mampu membuat link internal dan eksternal, sudah hampir dipatikan artikel atau suatu postingan menjadi berkualitas, dalam hal ini kita agar menjaga etika, sehingga link yang kita buat menjadi tidak mengecewakan pembacanya,karena bukan tidak mungkin ada juga blogger yang memanfaatkan link ini hanya untuk meningkatkan klik-klik pada blognya.
  8. Pembuatan meta blog. Meta blog banyak macamnya, seperti meta tag atau meta elemen,meta robots, meta keyword, meta title, meta verifikasi dan lain sebagainya. Sejauh yang saya ketahui meta ini sangat berguna untuk meningkat speed ketika loading, untuk ranking blog, untuk meningkatkan di penelusuran search engine, oleh karenanya banyak juga website pihak ketiga didalam hal ini.
  9. Melakukan register pada blog atau website yang menyediakan register gratisan. Hal ini juga berguna untuk memperkenalkan blog kita pada dunia maya internasional, sehingga blog yang dibuat menjadi blog internasional.
  10. Melakukan silaturahmi atau bertamu dengan blog-blog yang lain. hal ini dimaksudkan menjaga hubungan dengan blog yang lain untuk saling tukar informasi, jika ini bisa dilakukan bisa dapat meningkatkan pengetahuan tentang blogging.
     Banyaknya 10 point saja, namun ada baiknya dicari lagi apa saja untuk dilakukan agar dapat meningkatkan blog yang akan dibuat nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

,BERIKANLAH KOMENTAR ANDA

Share |

Daftar Isi Bintang. Com